NOTULENSI SCHOTALK#10 SAHABAT BEASISWA CHAPTER KALSEL

 

Schotalk 10 sbckalsel

Tema                 : All about Chevening Scholarship

Narasumber   : Indra Soeharto

Moderator      : Adi Saputra

Notulen           : Siti Vitalia Islami

Tanggal           : Minggu, 10 Desember 2017/ 20.00-22.00 WITA

Jumlah peserta : 227 peserta

Narasumber bernama Indra Soeharto, tinggal dan bekerja di balikpapan, kalimantan timur, bekerja di industri migas. Latar belakang pendidikan S1 dari UGM, jurusan akuntansi dan S2 dari manchester business school, university of manchester, uk, dengan beasiswa chevening. Saat ini narasumber bekerja sebagai cost controller di salah satu perusahaan migas, yg berkantor pusat di paris, prancis.

Pengenalan mengenai beasiswa chevening:

  1. Beasiswa chevening, diberikan oleh pemerintah inggris
  2. Beasiswa ini ada sejak tahun 1983, dan diberikan untuk lebih dari 100 negara.
  3. Beasiswa ini diberikan untuk melanjutkan studi lanjut di perguruan tinggi di uk
  4. Untuk indonesia, beasiswa diberikan sejak 1984
  5. Chevening memberi full scholarship, artinya, biaya kuliah dan biaya hidup. Termasuk tiket pesawat pp dan biaya penunjang lainnya
  6. Saat saya mendapat beasiswa ini, tahun 2009, ada sekitar 24 orang yg mendapat beasiswa ini.
  7. Info terakhir, untuk 3 tahun terakhir, beasiswa yg diberikan mencapai 60-70.
  8. Syarat beasiswa chevening relatif mirip dengan beasiswa lain, walaupun menitikberatkan pada motivasi dan rencana setelah usai studi.
  9. Yg berbeda: beasiswa ini juga memberi kesempatan networking dengan chevening scholar dr berbagai negara
  10. Juga, karena sudah cukup lama, terbuka pula kesempatan dengan chevening scholar yg sudah menduduki berbagai posisi kunci.

 

SESI TANYA JAWAB:

  1. Syarifah C_PSKM_UNLAM

Pertanyaan           : Bedanya chevening dan LPDP apa ka? apakah dulu kka pernah nyoba    juga LPDP?

       Jawaban               : saat saya s2, blm ada lpdp. bedanya: pemberi beasiswanya: lpdp diberikan oleh pemerintah RI, chevening oleh pemerintah inggris

       Tanggapan            : oh gtu yaa ternyata tua an chevening hhe, kaka kenapa milih di UK ka, apakah ada rekomendasi atau nyari” info sendiri?

       Jawaban               : sebenarnya, sy banyak mencari info beasiswa via milis beasiswa (kala itu). kalau preferensi knapa uk, karena saya ingin sekolah di negara berbahasa inggris, dan kampus yg memiliki peringkat yg cukup baik

  1. Regi Kusnnadi _ Arsitektur _ UNPAR

Pertanyaan           : 1. apakah chavening memungkinkan membiayai S2 dengan rentang waktu selama 2 tahun?

  1. Apakah setelah menyelesaikan masa studi diperkenankan bekerja di luar negeri dalam beberapa tahun? Ataukan ada kontrak untuk harus langsung kembali ke Indonesia?

Jawaban               :1. chev mengcover s2 dengan durasi 1 tahun, which mostly kampus di uk s2nya memang setahun.

  1. ada kesepakatan untuk kembali ke indonesia seusai studi. tidak diatur berapa lamanya. dispensasi bisa diberikan, kalau case-nya adlh ingin lanjut studi s3.
  2. Sarah_badan pusat statistik

    Pertanyaan              : kalo chevening kemaren. Kapan kakak melengkapi syarat2 unconditional letter sama ieltsnya? Apakah sesudah wawancara atau sebelum wawancara? Thanks.

       Jawaban               : unconditional lett dan ielts, semuanya setelah dinyatakan lolos.hmmm.. on going. kebetulan skor saya cukup aman saat tes ielts pertama kali..

4.. Fadl Lul Hakim Ihsan_Teknik Komputer & Jaringan_SMKN 1 Kediri_

       Pertanyaan           : Kak mengenai pengurusan dokumen yang harus diterjemahkan, bolehkah diterjemahkan oleh intitusi/kampus/sekolahan sendiri? Adakah cara yg murah untuk penerjemahan dokumen?

       Jawaban               : setau saya, boleh ke kampus. otherwise, bisa ke penerjemah tersumpah. saya dulu menggunakan terjemahan dari kampus

  1. Nanda_tekink kimia_universitas riau_

       Pertanyaan           : chevning termasuk salah satu beasiswa yg peminatnya banyak. Bisa kasi tips gimana bisa buat essay rencana studi yang baik kak? Terus minta saran dan pesan buat teman teman yg lagi berjuang untuk beasiswa kak

       Jawaban               : tipsnya: jujur, realistis dan jelas. saya pernah membantu bbrapa teman yg apply dan dapat, kuncinya 3 itu.

  1. Lintya_Univ Warmadewa Bali_

       Petanyaan             : mau tanya kak 1. kan ada persyaratan 2 tahun minimal pernah punya pengalaman kerja itu gmn kak ? 2. chevening ini memang ada kuotanya pernegara atau kita bersaing dgn seluruh negara (100 negara yg kk bilang tdi) utk mendapat beasiswanya?

       Jawaban               : betul, pelamar diminta memiliki 2 taun pengalaman kerja. part time termasuk. untuk kuota, iya, tiap negara ada kuota. jadi kompetisinya di negara msg2. bukan antar negara.

  1. Linnataqiyyah_psikologi_uin malang_

       Pertanyaan           : Malam kak.. Mau tanya..1.   Kampus mana di UK yang s2. Nya yang ada prodi psikologi dan recommended? 2. Adkah beasiswa tahfidz untuk kuliah s2 di UK? Syukron

       Jawaban               : untuk jurusan dan program, saya menyarankan untuk gugling. informasi di masing2 kampus sangat lengkap.

  1. Iska Mawarsita _ stkip PGRI jombang _ pendidikan bahasa Inggris _ jombang

       Pertanyaan           : Kalau dapat beasiswa chevening, bisa nggak kak milih negara tujuan slain inggris/UK? takutnya udah milih tempat kuliah slain yang di UK, ternyata dapatnya beasisw chevening

       Jawaban               : oiya, jadi chev ini khusus untuk kampus di uk ya

  1. Desty Lilian_Teknik Informatika_PENS

       Pertanyaan           : 1. menurut kakak, bagaimana peluang pendaftar yg lintas bidang di chevening kak? Saya dari jurusan informatika tapi saya ingin ambil master ke jurusan human resource management alias nanti yg jadi hrd. Saya sudah kepo2 di website beberapa univ di UK yg ada jurusan itu dan ranking nya bagus itu gapapa kalo jurusan itu dr semua jurusan. Kebetulan saya di organisasi/komunitas alhamdulillah banyak pengalaman di bidang pengelolaan sdm.

  1. Itu nanti berkasnya juga ada essay kontribusi utk negara kita ya kak? Banyak org bisa kontribusinya harus dijelaskan sedetail mungkin. Nah kalo HR salah orientasi itu kan pasti kerjanya di perusahaan. Yg artinya kurang terjun langsung ke masyarakat. beda lg kalo jurusan kyk teknik, kesehatan dll yg bisa kita gali soalnya kan bisa aja langsung berhubungan ke masyarakat. Terimakasih.

       Jawaban               : soal lintas bidang: mungkin saja. pe er nya: harus bisa meyakinkan reviuwer saat menulis essay. kontribusi: ya. lagi2 pe er nya sama, bagaimana meyakinkan reviuwer. faktor penentu: kualitas personal, clarity essay

10.. Annisa Nasution_ Bimbingan Penyuluhan Islam_UIN sumatera utara

       Pertanyaan           : Saya mau bertanya,  oh iya dibeasiswa ini pasti ada persyaratan tentang rencana study untuk 4 5 tahun mendatang atau setelah selesai study.  Jadi jika rencana program itu gagal setelah kita pulang bagaimana?  Apakah setelah kita selesai pihak beasiswa memantau kita alumni lebih lanjut?  Dan satu lagi beasiswa ini kan terkenal susah tuh,  ada ga tips cara naklukin nya?  Thankyou kak

       Jawaban               : mmm.. enggak ada pemantauan khusus sih, jd nggak ada pengecekan, apakah rencana yg kita tulis, benar2 terwujud atau nggak..kalo tips: stand out among the crowd

  1. Muhamad Luthfi Asyhar_pd_unair_

Pertanyaan           : Tips trik lolos chavening gimana kak?

Jawaban               : caranya: meluruskan niat, mengasah kualitas dan belajar dari kesalahan/kegagalan sblmnya

  1. Tesya Nurintan_Informstics_UIN Sunan Kalijaga_

Pertanyaan           : perihal chevening scholar, apakah ada kaitannya dengan pekerjaan kakak sekarang? Dimana dgn chevening scholarship ini kita bisa mendapatkan network untuk pekerjaan kita nantinya

seperti yg tertera di cv, kakak merupakan seorang co-founder. Nama startup/perusahaan yg kakak bangun apa kak? Dan bergerak di bidang apa? Lalu perusahaan ini kakak dirikan sewaktu masih kuliah master atau udah lulus?

ada ketentuan program studi nya ga kak untuk beasiswa ini?

       Jawaban               : pekerjaan sekarang, ada kaitannya dengan master saya. kalo ttg co founder, saya dgn bbrapa teman menginisiasi startup bernama nyampah. bisa dicek di nyampah.id. bebas. selama ditawarkan di kampus uni di uk.

  1. Desty Lilian_Teknik Informatika_PENS

Pertanyaan           : kak, sharing dong tentang jadwal belajar ielts kakak. Belajarnya otodidak atau les? Kalau otodidak, ngatur jadwal tiap harinya buat istiqomah gimana? Kalau les, kakak les dmn? Hehe

Jawaban               : saya belajar sendiri. beli buku ielts di gramedia, versi yg simpel, hanya untuk mengenali bentuk tesnya.. waktu itu modal berani mati aja..

  1. Rani _ HI _ Univ. Wahid Hasyim _

Pertanyaan           : Apakah pengalaman kerja dibutuhkan saat mendaftar beasiswa chevening?

Dan pengalaman kerja tersebut harus sesuai dengan bidang kita?

       Jawaban               : benar, 2 tahun pengalaman kerja. akan lebih “bunyi” dan membantu kalau berhubungan dgn rencana studi..

  1. Pebrian Mubarok_IPA_SMAN Tanjungsari_

Pertanyaan           : ka saya mau nanya kenapa milih beasiswa ini dari banyaknya beasiswa yang ada? dan bagaimana tips memilih beasiswa yang baik?

ka saya mau nanya bagaimana        kehidupan mahasiswa di luar negri sampai ada yang part time? apakah beasiswa mereka kurang mencukupi?

       Jawaban               : saya mencoba berbagai beasiswa. nanti saya share ya, cerita percobaan saya mendaftar berbagai beasiswa soal part time di luar negri: setau saya motifnya bukan melulu uang, tapi pengalaman

  1. Rani _ HI _ Univ. Wahid Hasyim _

Pertanyaan           : Kakak tadi bilang kalau kerja parttime itu bisa dijadikan pengalaman kerja. Nah apakah harus benar-benar sesuai dengan bidang kita? Jika tidak sesuai bagaimana kak?    Misal kuliah di HI (Hubungan Internasional) tapi bekerja parttime sebagai waitres… Lalu apakah menjadi penulis bisa dijadikan riwayat pekerjaan?

Jawaban               : chev memberikan uang saku yg sangat cukup. sesuai dengan standar hidup di uk : ttg pengalaman kerja sbg waitress: untuk chev, itu bs dihitung sbg pengalaman kerja. mengenai impact ke aplikasi, tentu perlu pintar2 menghubungkannya

                             https://indralogy.wordpress.com/2015/07/24/7-tahun-17-kali-perjuangan-memenangkan-beasiswa/

  1. Isa Lutfi_Teknik Desain dan Manufaktur_PPNS

Pertanyaan           : Kak, mau tanya. Apakah beasiswa chevening mencover biaya program matrikulasi/pre-master?

Jawaban               : sayangnya tidak

  1. Suhartini_Pendidikan Matematika_Unmus

Pertanyaan           : Oh iya bang, utk kerja minimal 2 thun, katanya including part time, harus ada bukti ga bang?  Utk chievening sndiri, seleksinya secara online, atau dari Kedutaan Besar UK di Indo bang?

Jawaban               : mreka gak minta bukti. tp baik saja kalo ada, kita siapkan

                             chev, seleksi awal online. untuk wwcra, dilakukan oleh joint team, kedubes inggris dan alumni chev

  1. Regi Kusnadi_ Arsitektur _ Unpar_

Pertanyaan           : ketika menerima Beasiswa Chavening apakah sudah mendapatkan LoA atau belum? apakah diutamakan yang sudah memiliki LoA atau tidak dalam penerimaan beasiswa Chavening?

Jawaban               : isian aplikasi awal belum mensyaratkan loa. lagi2, ini kadang ttg standout among the crowd, walopun tdk disyaratkan, tentu akan menjadi nilai tambah, kalo kita sdh punya.

                             oh ic. benar. saat mencari beasiswa, pastikan teman2 tau apa yg dicover. apakah full? apakah partial? nah, kuncinya, baca baik2 terms n conditionnya

                              semua informasi biasanya sangat jelas. jadi jangan tunda untuk mempelajari secara detail dan dicocokkan dengan kondisi dan kebutuhan masing2.

  1. Fauzia_pend bahasa ingggris_univ haluoleo

Pertanyaan           : Kak utk wawancara apakah dilakukan via online (skype) atau wawancara langsung di kantor chevening ? Kalau wawancara langsung apakah biaya akomodasi di tanggung si pelamar beasiswa?

Jawaban               : wwcaranya langsung, ada di bbrapa kota. namun, biaya akomodasi tdk ditanggung..

CLOSING NOTES

       Mengulangi yang saya sampaikan di blog post saya, kalau memang ingin mendapat beasiswa: 1. jangan gampang menyerah. 2. tetap kreatif dan membuka diri untuk perbaikan. 3. selalu berkomunikasi dengan orang2 terdekat dan dengan Tuhan.

IG: @indrasoeharto walopun gak sering posting.. 😁

click here to download (pdf)
Notulensi Schotalk 10 SBC Kalsel

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s